Hidup Sama Seperti Kristus Telah Hidup

6:33:00 PM


Ada satu hal yang banyak dilupakan oleh banyak orang Kristen saat ini, mereka berpikir bahwa bahwa bisa hidup seenak mereka asal berbuat baik dan "sesuai" firman Tuhan. Padahal banyak dari umat kristiani yang hanya tau secara "harafiah" firman Tuhan tanpa tau arti dan maksud sebenarnya dari firman itu, untuk itu mari kita sekarang belajar Hidup Sama Seperti Kristus Telah Hidup.

Setiap kita yang percaya Kristus harus mempunyai satu filosofi hidup, yaitu "belum tentu besok saya masih hidup untuk itu hari ini saya mau melakukan kehendak Tuhan." Kenapa kita harus memiliki filosofi seperti ini? Karena filosofi seperti inilah yang diajarkan oleh Tuhan Yesus sendiri karena saat Ia menjadi manusia Ia juga memakai filosofi ini.
Kata Yesus kepada mereka: "Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya" (Yohanes 4:34)
Yesus sendiri yang berkata bahwa Ia hidup untuk melakukan kehendak Bapa di sorga dan melakukan pekerjaan-Nya, hidup seperti inilah yang seharusnya kita contoh, memang sulit karena kita sudah "terdoktrin" bahwa kita hidup sukses sesuai "standar dunia" bukan "standar Tuhan" 

Didikan "standar dunia" adalah kesalahan fatal yang banyak anak Tuhan tidak menyadarinya. Kita sibuk mengejar kesuksesan duniawi, padahal itu mendatangkan kebinasaan bagi kita sendiri.

Jangan mengaku orang percaya jika tidak mau hidup sama seperti Kristus telah hidup, jika kalian tidak mau hidup sama seperti Kristus maka kalian bukan orang percaya, mengapa demikian? Karena percaya adalah melakukan dan mengikuti kehendak dari orang yang kita percayai. Bukankah anda akan melakukan pekerjaan yang diperintahkan oleh bos anda? Anda melakukan pekerjaan itu karena anda percaya pada bos anda yang sudah memberikan upah (gaji) setelah anda melakukan perkerjaan anda. Sama seperti anda melakukan perintah Tuhan, Tuhan akan memberikan kalian upah sesuai dengan apa yang kalian kerjakan bagi Dia, bukan berarti Tuhan tidak mampu melakukan perkerjaan itu, tetapi Ia mau melihat seberapa jauh anda percaya kepada-Nya.
Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup (1 Yohanes 2:6)
Dari firman diatas sudah sangat jelas mengapa kita harus hidup sama seperti Kristus, dan seharusnya kita sudah memahami bahwa kita bisa dikatakan orang percaya jika kita hidup seperti Kristus telah hidup, jika tidak maka jangan sekali-sekali "mendeklarasikan" bahwa anda seorang yang percaya kepada Yesus Kristus.

Mungkin di mata dunia kita adalah orang hebat, orang sukses, orang yang punya segalanya, tapi ingat apa yang dunia lihat tidak sama seperti apa yang Tuhan lihat. Semua itu akan sia-sia dan tidak berarti jika kita di lihat Tuhan tidak baik dan tidak berkenan dihadapan-Nya.

Akan sangat sulit mengubah filosofi hidup "standar dunia" yang sudah "terdoktrin" secara turun-temurun menjadi filosofi hidup "standar Tuhan" tapi itu semua tidak akan sulit jika anda mengubahnya dengan kekuatan Tuhan, jika anda melakukan dengan kekuatan anda sendiri maka percayalah anda akan jatuh lagi.
Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat. (1 Petrus 1:18-19)
Kita harus menyadari bahwa, kita ditebus di dalam Tuhan Yesus Kristus dengan darah-Nya yang mahal, yang tidak bercacat dan tidak bercnoda, tidak ada tujuan lain selain satu tujuan ini yaitu, kita akan menerima keselamatan di dalam Kristus di kekekalan nanti.

Kita ditebus adalah merupakan akibat dari cara hidup yang salah, cara hidup yang sia-sia yang sudah diwarisi dari nenek moyang kita selama ini. Memang rasanya akan sulit, atau bahkan mustahil untuk bisa merubah cara hidup yang lama, yang sudah diwarisi bertahun-tahun, dan harus hidup sama seperti Kristus hidup. Tetapi kita tidak punya pilihan, dan kita harus tetap percaya bahwa bagi Tuhan tidak ada sesuatu yang mustahil. Artinya kalau kita mau, kita pasti bisa berubah, sebab Tuhan akan menolong kita dan memberikan kekuatan kepada kita.

Perubahan menjadi pribadi yang sama seperti Kristus itu bukan tanpa tujuan, karena perubahan itu memiliki tujuan yang jelas yaitu, kita akan dipandang sebagai pribadi yang berkenan dihadapan Allah Bapa di sorga, dan dengan demikian kita akan mendapat pengakuan sebagai anak-anak Allah.

Kalau kita tidak menjadi sama seperti Kristus, berarti kita tidak layak menjadi anak-anak Allah. Itu juga artinya kita tidak akan bisa diterima di dalam Kerajaan Allah Bapa di sorga. Dan ini yang seringkali saya sebuat sebagai sebuah kengerian, kalau sampai kita tidak diterima di dalam Kerajaan-Nya, atau dengan kata lain kalau sampai nantinya Tuhan berkata “Aku tidak mengenal engkau.” Ini sebuah kengerian yang sangat dahsayat, karena berujung pada kebinasaan.

Kalau pelayanan gereja hanya bertujuan untuk mengubah seseorang bisa memiliki budi pekerti yang baik menurut dunia, maka saya harus berkata jujur bahwa di luar kristen pun banyak agama di dunia ini dan juga banyak pendidikan yang ada saat ini, bisa mendidik seseorang untuk memiliki budi pekerti yang baik.

Kekristenan bukan seperti itu, sebab kekristenan adalah usaha untuk mengubah manusia yang berbudi pekerti manusia dunia, menjadi manusia yang berbudi pekerti seperti Kristus. Dan disinilah letak beratnya hidup kekristenan itu. Jadi kita harus berjuang, kalau kita ingin pada akhirnya bisa masuk di dalam Kerajaan-Nya. Inilah yang dimaksudkan Tuhan Yesus seperti yang ditulis di dalam;
Sekali lagi Aku berkata kepadamu, lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah. (Matius 19:24) 
Perkataan ini bukan hanya ditujukan kepada orang kaya saja, tetapi sebenarnya juga ditujukan kepada setiap orang yang ingin kaya. Dan pada kenyataannya, rata-rata setiap orang pasti ingin kaya. Jadi bila kita melihat kebenaran firman Tuhan ini, berarti ada begitu banyak orang yang sesungguhnya tidak ingin masuk sorga. Itulah kenapa Tuhan Yesus juga mengatakan di dalam;
Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya; karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya. Matius 7:13-14
Jadi kalau kita tidak berjuang untuk sungguh-sungguh mau berubah menjadi pribadi yang sama seperti Kristus, maka kita tidak akan bisa menerima kehidupan yang sesungguhnya di dalam Kerajaan Allah Bapa di sorga.

Perubahan itu harus dimulai dari pembaharuan pikiran, dimana kita harus terus memberi diri untuk dibaharui oleh Tuhan. Tentu dengan cara belajar firman Tuhan setiap hari supaya kita bisa mengalami pembaharuan pikiran terus-menerus, sehingga pada akhirnya kita memiliki kepekaan dan bisa mengerti apa yang menjadi kehendak Allah, apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna menurut pemandangan mata Tuhan.

Kita harus jujur mengakui habwa hari-hari ini ada begitu banyak orang yang datang ke gereja, hanya untuk tujuan penyelesaian masalah ekonomi, sakit penyakit, dan pemenuhan berbagai kebutuhan jamani yang mereka inginkan. Terkadang juga ada pola pengajaran yang sudah terlanjur mengajarkan jemaat untuk hal-hal seperti ini, dan itulah yang membuat banyak orang memiliki motivasi yang salah dalam mencari Tuhan dan mengiring Tuhan.

Saat ini jika kita ingin memiliki masa depan yang penuh harapan di dalam kekekalan nanti  maka kita harus mengambil keputusan untuk berubah, meninggalkan cara hidup kita yang lama, hidup yang hanya mencintai dunia, terikat dengan dunia, harus kita tinggalkan, dan memulai hidup baru, dimana kita hanya mau mencari apa yang menjadi kehendak Tuhan, dan hidup melakukan semua kehendak-Nya. Kiranya kebenaran ini mengubah kita semua untuk mau memiliki pribadi yang sama seperti Tuhan Yesus Kristus. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.
Previous
Next Post »

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Berkomentarlah yang baik dan sopan, bagi komentar yang SPAM dan mengandung unsur SARA akan saya hapus. Terima kasih