Arti Hidup Bagi Tuhan

9:22:00 PM
Arti Hidup Bagi Tuhan

Pernahkah terlintas dalam benak anda mengapa anda diciptakan Tuhan? Mengapa Tuhan menciptakan manusia? Kalau pertanyaan itu ada dalam benak anda, jawabannya sangat sederhana, Tuhan ingin kita manusia hidup bagi Dia.

Kalau berbicara Arti Hidup Bagi Tuhan itu berarti kita menyerahkan total hidup kita kepada Tuhan, mulai dari apa yang kita ucapkan, apa yang kita pikirkan, semua aspek dalam hidup kita berikan kepada Tuhan, kita berikan kendali hidup kita kepada Dia. Untuk apa kita melakukan itu? Agar senantiasa kita menyenangkan hati Tuhan, dan apa yang kita lakukan harus untuk kepentingan Tuhan dahulu.

Seseorang dapat menyenangkan hati Tuhan jika ia melakukan apa yang Tuhan kehendaki, bagaimana kita bisa mengetahui kehendak Tuhan atas hidup kita? Ya mau tidak mau kita harus kenal secara pribadi dengan Tuhan, bukan hanya sekedar tau bahwa Yesus adalah Mesias, Yesus adalah Tuhan, Yesus adalah Anak Domba Allah.

Ibarat kita dengan sahabat kita, kita pasti sudah kenal secara pribadi dengan dia, kita tau apa yang membuat hati dia senang, kita tau apa yang membuat dia sedih, marah, atau kecewa. Begitu pun dengan kita mengenal pribadi Tuhan, pasti kita tau apa yang membuat hatiNya senang, kita tau apa yang membuat hatiNya sedih, kecewa, marah, bahkan penuh murka.

Itulah kenapa setiap orang percaya dalam menjalankan hidup ini, semua yang dilakukannya, harus sesuai dengan kehendak Tuhan, atau dengan kata lain, kita harus hidup hanya untuk melakukan kehendak Tuhan. Itulah yang sudah Tuhan Yesus tunjukan dalam ketaatan-Nya melakukan kehendak Allah Bapa di sorga.
Yohanes  4:34 Kata Yesus kepada mereka: “Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.
Permasalahannya sekarang adalah, banyak orang yang bilang bahwa ia adalah orang pecaya, tapi ia hidup hanya untuk kepentingan dirinya sendiri, orang seperti ini tidak bisa dikatakan sebagai orang percaya karena ia hidup hanya untuk dirinya sendiri, sebab orang percaya adalah orang yang menjalani hidup demi kepentingan Tuhan, karena ia sadar bahwa Tuhan sudah memberikan contoh seperti ayat diatas.

Supaya kita bisa benar-benar hidup melakukan kehendak Allah, maka kita harus melihat bahwa melakukan kehendak Allah bukan saja sebuah kewajiban, tetapi hidup melakukan kehendak Allah itu adalah sebuah kebutuhan yang tidak bisa diabaikan.

Setiap orang percaya atau anak-anak Tuhan yang tidak bisa menerima kenyataan ini, maka sesungguhnya ia telah menjadi pemberontak yang memberontak terhadap Allah, dan orang-orang seperti ini lebih baik tidak pernah menjadi manusia, karena pada akhirnya masa depan kehidupannya di kekekalan nanti akan berakhir dengan tragis dalam kebinasaan dan penderitaan yang tak pernah berakhir.

Itulah kenapa kita harus mulai menyadari dan mengerti tujuan Allah menciptakan kita. Bukan saja menyadari dan mengerti, tetapi kita juga harus menerimanya dengan sukacita. Sebab seperti yang saya katakan diatas tadi bahwa orang yang mau menyenangkan hati dan perasaan Tuhan itu harus memiliki kebaikan. Dan orang yang dikategorikan sebagai orang yang baik itu adalah, ketika ia mengerti maksud dan tujuan Allah menciptakannya.

Mengerti akan hal ini, maka kita akan bisa hidup melakukan kehendak Allah, apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. Jadi bukan sekedar hidup sebagai orang percaya yang hanya melakukan hukum maupun peraturan-peraturan agama yang ditulis. Sebab kita hidup sebagai ciptaan Allah, harus semata-mata menyenangkan dan memuaskan hati dan perasaan-Nya.

Cara hidup seperti inilah yang dinamakan hidup dalam pemerintahan Allah, meskipun saat ini kita masih hidup di dunia, tetapi cara hidup kita adalah cara hidup warga Kerajaan sorga. Itulah kenapa firman Tuhan dalam doa Bapa kami dikatakan;
Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. Matius 6:9-10
Jadi walaupun kita hidup di bumi tetapi cara hidup kita sudah harus menunjukan cara hidup dalam pemerintahan Tuhan Yesus dalam Kerajaan-Nya di sorga. Itulah kenapa setiap orang percaya harus terus mengalami pembaharuan pikiran, sehingga ia bisa mengerti akan kehendak Allah.
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. Roma 12:2
Oleh sebab itu setiap kita harus benar-benar memiliki rasa takut akan Allah, sebab dengan hidup takut akan Allah yang benar, maka kita akan terus berusaha untuk mengerti apa yang menjadi kehendak Allah, dan melakukannya. Tujuannya hanya satu yaitu menyukakan dan menyenangkan hati dan perasaan Allah.

Cara hidup seperti inilah yang membuat kita akan memiliki cara hidup yang berbeda dengan dunia ini. Itulah yang firman Tuhan maksudkan diatas, janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia.

Setiap orang percaya yang sungguh-sungguh mau hidup hanya untuk menyukakan dan menyenangkan hati dan perasaan Allah Bapa di sorga, maka Roh Kudus akan memberi kekuatan, menolong, dan memampukan kita semua untuk mengerti akan kehendak Allah Bapa di sorga, dalam sepanjang perjalanan hidup kita dari hari lepas hari. Tuhan Yesus memberkati kita semua.
Previous
Next Post »

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Berkomentarlah yang baik dan sopan, bagi komentar yang SPAM dan mengandung unsur SARA akan saya hapus. Terima kasih